BAHASA

Pertanyaan Umum

Kapan saya harus menghubungi Saluran Bantuan Integritas Oracle?

Anda harus menghubungi Saluran Bantuan Integritas dalam situasi berikut:

  • Jika Anda menginginkan informasi atau bantuan tentang masalah kepatuhan atau etika.
  • Jika Anda memiliki alasan untuk mencurigai adanya pelanggaran Kode Etik dan Perilaku Bisnis Karyawan Oracle, kebijakan Oracle apa pun, atau Anda telah mengamati adanya perilaku yang Anda yakini mungkin melanggar hukum setempat atau hukum yang berlaku atau kewajiban etika Oracle.
  • Jika sebelumnya Anda telah meminta panduan atau melaporkan kekhawatiran melalui saluran pelaporan lain dan menganggap masalah tersebut tidak terselesaikan.
  • Jika Anda ingin tetap anonim dan Anda bekerja di negara yang mengizinkan pelaporan secara anonim.

Kembali ke atas

Haruskah saya melaporkan kekhawatiran saya melalui Saluran Bantuan Integritas Oracle atau kepada manajemen saya?

Anda dapat menyampaikan kekhawatiran tentang perilaku etis yang patut dipertanyakan di Oracle melalui beberapa cara:

  • Manajer Anda
  • Sumber Daya Manusia Oracle
  • Anggota tim Legal
  • Pejabat Kepatuhan dan Etika Regional Anda
  • Direktur Kepatuhan dan Etika
  • Perwakilan tenaga kerja Anda (bila berlaku)
  • Saluran Bantuan Integritas Oracle

Jika Anda ingin merahasiakan identitas, merasa tidak nyaman melaporkan kekhawatiran kepada manajer Anda, kepada Sumber Daya Manusia Oracle, kepada anggota tim Legal, kepada anggota tim Kepatuhan & Etika Oracle, atau merasa bahwa kekhawatiran Anda belum ditangani dengan benar, hubungi Saluran Bantuan Integritas Oracle. Saluran Bantuan dioperasikan oleh penyedia layanan pihak ketiga dan memungkinkan laporan dibuat secara online atau melalui telepon. Saluran Bantuan bersifat rahasia dan tersedia bagi semua karyawan Oracle yang ingin mengajukan kekhawatiran atau mencari petunjuk mengenai masalah etika dan perilaku bisnis

Kembali ke atas

Pada jam berapa saja layanan tersedia?

Saluran Bantuan Integritas Oracle menawarkan saluran yang aman bagi Anda untuk melaporkan kekhawatiran Anda 24 jam sehari / 7 hari seminggu / sepanjang hari dalam setahun.

Kembali ke atas

Bagaimana jika ini adalah keadaan darurat?

Jangan menggunakan Saluran Bantuan Integritas Oracle untuk melaporkan keadaan darurat. Untuk melaporkan kejadian yang mengancam nyawa atau properti, segera hubungi pihak berwenang setempat.

Kembali ke atas

Bagaimana Saluran Bantuan Integritas Oracle bekerja?

Saluran Bantuan Integritas adalah alat bantu yang selalu tersedia, baik melalui Situs Web ini atau melalui telepon, untuk melaporkan dugaan pelanggaran hukum, Kode Etik dan Perilaku Bisnis Karyawan Oracle, atau kebijakan terkait, dan untuk menindaklanjuti pertanyaan atau laporan.

Oracle telah mengontrak vendor pihak ketiga, perusahaan NAVEX ("EthicsPoint"), untuk mengelola Saluran Bantuan Integritasnya, yang memungkinkan kami menyediakan akses 24 jam kepada karyawan kami ke alat bantu yang aman dan, jika diminta, pengajuan laporan anonim jika diizinkan oleh hukum setempat. Situs Web Saluran Bantuan Integritas berada di server EthicsPoint dan nomor teleponnya dioperasikan oleh EthicsPoint.

Kembali ke atas

Apa yang terjadi ketika saya menghubungi Saluran Bantuan Integritas Oracle?

Setelah Anda menghubungi Saluran Bantuan Integritas, Spesialis Penerimaan Pusat Panggilan EthicsPoint (CCIS) akan mencatat pertanyaan atau laporan Anda, dengan meminta Anda memberikan informasi terperinci. Anda dapat memilih untuk tetap anonim saat berbicara dengan CCIS jika Anda tidak mengirimkan laporan dari suatu negara, seperti Portugal, yang melarang pelaporan anonim; namun demikian, melakukannya dapat menghalangi kemampuan kami untuk menanggapi pertanyaan Anda atau mengivestigasi masalah tersebut secara memadai. Anda harus siap, jika Anda bersedia, untuk memberikan nama saksi dan kemungkinan korban dari setiap dugaan perilaku tidak etis untuk meningkatkan keberhasilan penyelidikan terhadap keluhan Anda. Meskipun pertanyaan dan laporan dapat dikirimkan secara anonim dalam sebagian besar kasus, kami tidak dapat menjamin kerahasiaan atau anonimitas karena sifat masalah dan/atau perincian kasus terkait dapat mengungkapkan identitas mereka yang terlibat. Namun demikian, segala upaya akan dilakukan untuk menjaga keleluasaan yang tinggi dalam menanggapi pertanyaan dan laporan yang dikirimkan melalui Saluran Bantuan Integritas Oracle.

CCIS akan mencatat pertanyaan atau laporan Anda pada server EthicsPoint dan menyediakannya untuk kantor Kepatuhan dan Etika Oracle, yang dipimpin oleh Kepala Pejabat Kepatuhan dan Etika Global. CCIS tidak dapat memberi Anda saran atau menyelesaikan masalah Anda melalui telepon. Jika masalah Anda mendesak, ia akan memberi Anda informasi untuk menghubungi kantor Kepatuhan dan Etika secara langsung agar Anda dapat segera menerima bantuan.

CCIS akan memberi Anda kunci laporan dan kata sandi sehingga Anda dapat menindaklanjuti pertanyaan Anda atau laporan Anda secara online atau melalui telepon. Periksa kembali Saluran Bantuan Integritas Oracle secara berkala untuk:

  • memeriksa keakuratan laporan;
  • mengonfirmasi pernyataan laporan;
  • mencari tahu apakah informasi tambahan diperlukan untuk memproses pertanyaan/kekhawatiran Anda; dan
  • menentukan status penyelidikan.

Tindak lanjut yang berkelanjutan pada suatu masalah sangat penting untuk laporan yang dikirimkan secara anonim karena kami tidak memiliki cara lain untuk berkomunikasi dengan Anda. Jika Anda telah menyebutkan nama Anda, kantor Kepatuhan dan Etika atau pakar di bidangnya yang ditunjuk akan menghubungi Anda secara langsung untuk mendiskusikan kekhawatiran Anda dan mengajukan pertanyaan tambahan yang penting untuk menyelesaikan kekhawatiran Anda. Perhatikanlah bahwa semua komunikasi Saluran Bantuan Integritas Oracle diperlakukan dengan tingkat kebijaksanaan yang sama dengan laporan awal.

Kembali ke atas

Apakah ada cara tambahan untuk membuat laporan, mengajukan pertanyaan, atau meminta pelatihan?

Ada banyak cara untuk membuat laporan, mengajukan pertanyaan terkait kepatuhan atau etika, atau meminta pelatihan:

  • Manajer Anda
  • Sumber Daya Manusia Oracle
  • Anggota tim Legal
  • Pejabat Kepatuhan dan Etika Regional Anda
  • Direktur Kepatuhan dan Etika
  • Perwakilan tenaga kerja Anda (bila berlaku)
  • Saluran Bantuan Integritas Oracle
  • Anda dapat mengirimkan korespondensi ke Oracle America, Inc., 500 Oracle Parkway, 7th Floor, Redwood City, CA, 94065, Attention: Executive Vice President and General Counsel

Untuk individu di negara-negara UE, Swiss, dan Norwegia, Saluran Bantuan Integritas Oracle memungkinkan Anda untuk hanya melaporkan tuduhan atas kejanggalan perbankan, keuangan, akuntansi, atau ketidakteraturan audit, penyuapan, balas jasa, atau korupsi lainnya. Jika kekhawatiran Anda berkaitan dengan masalah etika atau kepatuhan lainnya, kami mendorong Anda untuk melaporkannya secara langsung kepada Pejabat Kepatuhan dan Etika Regional EMEA atau melalui saluran pelaporan lain yang ditetapkan yang tercantum di atas.

Kembali ke atas

Bagaimana Oracle menyelidiki kekhawatiran?

Oracle berkomitmen untuk mempertahankan proses penyelidikan internal yang terfokus pada akurasi, presisi, keadilan, dan hormat terhadap semua pihak yang terlibat. Petugas Kepatuhan dan Etika regional Anda bertanggung jawab atas penanganan masalah perilaku bisnis dan etis, juga atas penyelidikan dan penyelesaian tuduhan pelanggaran. Penyelidikan akan dilakukan dengan mematuhi hukum serta kebijakan Oracle yang berlaku.

Sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku, metode penyelidikan dapat mencakup wawancara dengan pihak yang terlibat dan saksi, peninjauan arsip keuangan, elektronik, dan arsip lainnya yang relevan, pemeriksaan informasi yang tersedia secara publik, dan pengawasan dan/atau analisis komputer, sistem, kantor dan sumber daya lainnya.

Oracle menganggap semua laporan dugaan pelanggaran sebagai informasi rahasia dan hanya pihak yang perlu tahu yang diberi tahu dan dilibatkan dalam penyelidikan. Hanya personel berwenang, seperti tim manajemen Kepatuhan dan Etika, yang dapat memulai penyelidikan internal sehubungan dengan pelanggaran Pedoman. Semua laporan pelanggaran dan arsip penyelidikan terkait diperlakukan sesuai dengan Kebijakan Privasi Internal Oracle dan Kebijakan Perlindungan Informasi Oracle.

Tuduhan yang tidak terbukti tidak akan berpengaruh terhadap karyawan yang dituduh melakukan pelanggaran, dan pembalasan terhadap karyawan yang melaporkan kekhawatirannya dengan niat baik atau bekerja sama dalam penyelidikan kepatuhan tidak akan ditolerir. Untuk penyelidikan atas kejadian pelanggaran, penerapan tindakan pendisiplinan dan pemulihan didasarkan pada perilaku yang ditetapkan selama proses penyelidikan. Selain itu, Oracle dapat melaporkan pelanggaran hukum perdata atau pidana ke pihak berwajib yang relevan.

Kembali ke atas

Apakah kekhawatiran saya akan dilihat oleh orang yang tepat?

Semua pertanyaan dan laporan ditinjau terlebih dahulu oleh anggota tim Kepatuhan dan Etika serta dirujuk ke pakar di bidangnya atau penyelidik lain sebagaimana mestinya. Orang yang melihat pertanyaan atau laporan Anda dapat mencakup anggota dari bagian Legal, Sumber Daya Manusia, Penilaian & Audit Bisnis, Keuangan, Keamanan Informasi Global, dan/atau manajemen Oracle serta anggota organisasi Kepatuhan dan Etika serta sumber daya eksternal seperti penasihat luar, auditor, penyedia layanan forensik, dan/atau staf teknis di EthicsPoint. Individu ini mungkin berlokasi di Amerika Serikat atau negara lain. Selain itu, semua informasi yang Anda berikan dapat disimpan secara terpisah oleh individu yang dijelaskan di atas.

Kembali ke atas

Ke mana pertanyaan dan laporan saya dikirimkan? Siapa yang dapat mengaksesnya?

Laporan Saluran Bantuan Integritas Oracle disimpan secara langsung pada server aman EthicsPoint untuk menjaga keamanan data. EthicsPoint menyediakan laporan ini untuk kantor Kepatuhan dan Etika Oracle, yang bertugas mengevaluasi situasi yang dijelaskan, menanggapi pertanyaan, dan mengawasi penyelidikan.

Kembali ke atas

Apakah saya akan menghadapi pembalasan karena melaporkan kekhawatiran melalui Saluran Bantuan Integritas Oracle?

Oracle sama sekali tidak menoleransi pembalasan. Bahkan, pembalasan merupakan pelanggaran Kode Etik dan Perilaku Bisnis Oracle. Pembalasan dapat mengakibatkan tindakan pendisiplinan terhadap pihak yang melakukan pembalasan, termasuk pemecatan. Apabila Anda merasa telah diperlakukan dengan buruk karena melaporkan kekhawatiran dengan iktikad baik, sampaikan situasi tersebut kepada bagian Sumber Daya Manusia atau anggota organisasi Kepatuhan dan Etika agar dapat diselidiki dan ditangani sebagaimana mestinya.

Kembali ke atas

Apakah saya akan memperoleh kabar tentang kemajuan atau hasil penyelidikan?

Untuk melindungi privasi semua pihak yang bersangkutan, Oracle umumnya tidak dapat membahas penyelidikan spesifik kecuali dengan manajemen yang bertanggung jawab atas bisnis yang terdampak, bagian Sumber Daya Manusia, dan karyawan yang terkena dampak langsung dari tindakan pendisiplinan atau perbaikan. Namun demikian, jika Anda melapor ke Saluran Bantuan Integritas Oracle – sekali pun secara anonim – Anda akan diberi kunci laporan dan kata sandi yang unik. Kami mendorong Anda menghubungi Saluran Bantuan melalui telepon atau secara online untuk menerima pembaruan atau memberikan informasi tambahan yang mungkin diperlukan untuk penyelidikan yang tepat atas kekhawatiran Anda.

Kembali ke atas

Bagaimana jika saya merasa kekhawatiran saya tidak ditangani dengan benar? Apa yang dapat saya lakukan?

Apabila Anda meyakini pertanyaan atau laporan Anda belum ditangani sebagaimana mestinya, Anda dapat meneruskan kekhawatiran Anda secara langsung kepada Greg Vamos, Wakil Presiden Senior serta Kepala Pejabat Kepatuhan dan Etika, dengan mengirimkan email ke greg.vamos@oracle.com.

Kembali ke atas

Apakah Saluran Bantuan Integritas Oracle bersifat anonim atau dapatkah perusahaan melacak panggilan atau laporan online saya?

Meskipun pada umumnya lebih mudah melakukan penyelidikan yang efektif jika Anda menyebutkan identitas Anda, di semua negara kecuali Portugal, Anda dapat memilih untuk tetap anonim. Yakinlah bahwa jika Anda melaporkan kekhawatiran Anda secara anonim, tidak ada cara bagi Oracle untuk melacak panggilan Anda. EthicsPoint, vendor luar yang mengelola sistem, tidak menggunakan ID penelepon dan tidak mencatat panggilan. Laporan yang dibuat di situs web berasal dari portal Internet yang aman, yang tidak melacak atau menampilkan nama layar pengguna. EthicsPoint juga menghapus alamat Internet untuk memastikan bahwa anonimitas dalam sistem EthicsPoint tetap terjaga.

Sistem EthicsPoint dirancang untuk melindungi anonimitas Anda. Namun demikian, jika Anda ingin tetap anonim, maka Anda – sebagai pihak pelapor – perlu memastikan bahwa isi laporan tidak mengungkapkan identitas Anda.

Kembali ke atas

Apa yang harus saya lakukan jika kunci laporan atau kata sandi saya hilang?

Untuk menjaga keamanan data Anda, akses ke laporan Anda dan komunikasi lebih lanjut akan dikendalikan dengan hati-hati. Oleh karena itu, jika Anda kehilangan kunci laporan atau kata sandi, Anda harus mengajukan laporan baru untuk mendapatkan pembaruan atau memberikan informasi tambahan sehubungan dengan laporan awal. Dalam laporan baru, Anda harus menyebutkan bahwa masalah tersebut berkaitan dengan laporan sebelumnya.

Kembali ke atas

Jika saya menyampaikan kekhawatiran, apakah manajer atau rekan kerja saya akan mengetahui bahwa saya telah menghubungi Saluran Bantuan Integritas Oracle?

Apakah laporan Anda bersifat anonim atau tidak, kami tidak dapat menjamin kerahasiaan atau anonimitas karena sifat masalah dan/atau perincian kasus terkait dapat mengungkapkan identitas mereka yang terlibat. Namun demikian, sistem Saluran Bantuan Integritas Oracle dan distribusi laporan dirancang agar pihak yang terlibat tidak diberi tahu atau diberi akses ke laporan yang mencantumkan nama mereka. Di samping itu, segala upaya akan dilakukan untuk menjaga keleluasaan yang tinggi dalam menanggapi pertanyaan dan menyelidiki laporan yang dikirimkan melalui Saluran Bantuan Integritas Oracle. Harap diperhatikan juga bahwa Oracle tidak menoleransi pembalasan jika kekhawatiran dilaporkan dengan iktikad baik. Pembalasan dapat mengakibatkan tindakan pendisiplinan terhadap pihak yang melakukan pembalasan, termasuk pemecatan.

Kembali ke atas

Jika atasan saya atau manajer lain terlibat dalam pelanggaran yang saya laporkan, apakah mereka tahu bahwa saya telah melaporkan mereka?

Apakah laporan Anda bersifat anonim atau tidak, kami tidak dapat menjamin kerahasiaan atau anonimitas karena sifat masalah dan/atau perincian kasus terkait dapat mengungkapkan identitas mereka yang terlibat. Namun demikian, sistem Saluran Bantuan Integritas Oracle dan distribusi laporan dirancang agar pihak yang terlibat tidak diberi tahu atau diberi akses ke laporan yang mencantumkan nama mereka. Di samping itu, segala upaya akan dilakukan untuk menjaga keleluasaan yang tinggi dalam menanggapi pertanyaan dan menyelidiki laporan yang dikirimkan melalui Saluran Bantuan Integritas Oracle. Harap diperhatikan juga bahwa Oracle tidak menoleransi pembalasan jika kekhawatiran dilaporkan dengan iktikad baik. Pembalasan dapat mengakibatkan tindakan pendisiplinan terhadap pihak yang melakukan pembalasan, termasuk pemecatan.

Kembali ke atas

Apakah tersedia sumber daya yang membantu penerjemahan jika saya berbicara atau menulis dalam bahasa selain bahasa Inggris?

Apakah pertanyaan atau laporan dikirimkan ke Saluran Bantuan Integritas Oracle menggunakan telepon atau secara online, tersedia sumber daya penerjemahan untuk membantu pertanyaan atau laporan yang dibuat dalam bahasa selain bahasa Inggris. Jika berkomunikasi melalui telepon, pelapor harus dapat menyebutkan nama bahasa pilihan mereka dalam bahasa Inggris kepada operator Saluran Bantuan Integritas Oracle. Operator akan mengadakan konferensi dengan penerjemah yang kemudian akan membantu mencatat pertanyaan atau laporan.

Apabila pertanyaan atau laporan dibuat secara online dalam bahasa selain bahasa Inggris, pertanyaan atau laporan tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris untuk ditangani oleh kantor Kepatuhan dan Etika. Korespondensi apa pun di masa mendatang antara Anda dan kantor Kepatuhan dan Etika akan diterjemahkan sesuai kebutuhan.

Kembali ke atas